21 Oktober 2014

Kejurda Taekwondo & Radar Banten Cup, Kota Tangerang Raih Juara Umum

SERANG – Tim taekwondo pelajar Kota Tangerang sukses meraih gelar juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Taekwondo Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) dan Radar Banten Cup Banten 2014 yang digelar di Radar Banten Arena, Kota Serang, Senin (20/10). Gelar juara umum diraih tim taekwondo Kota Tangerang setelah mampu meraup sembilan keping medali, yakni tujuh medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu.

Peringkat kedua menjadi milik tim taekwondo Kota Tangerang Selatan dengan mengoleksi 17 keping medali, yaitu enam medali emas, empat medali perak, dan tujuh medali perunggu. Menyusul di posisi ketiga tim taekwondo Kabupaten Pandeglang dengan raihan 10 keping medali, yakni tiga medali emas, satu medali perak, dan enam medali perunggu. Sementara di peringkat keempat menjadi milik tim taekwondo Kota Serang dengan meraup tujuh keping medali, tiga medali emas, satu medali perak, dan empat medali perunggu.

Kepala pelatih taekwondo Kota Tangerang Achmad Sofian mengaku belum puas meski timnya mampu menjadi juara umum. “Kalau target awal kami sudah tercapai, yakni juara umum. Tetapi perolehan medalinya tidak memuaskan. Awalnya kami menargetkan sembilan medali emas dan kenyataanya kami hanya mampu membawa pulang tujuh keping medali emas. Yang menyakitkan lagi, dua atlet andalan kami malah gagal meraih medali emas,” kata Sofian di Radar Banten Arena, kemarin malam.

Sofian menambahkan, gelar juara umum memang sudah diprediksi sejak awal oleh pihaknya. Hal itu lantaran taekwondoin Kota Tangerang digembleng secara intensif. “Kami melakukan pembinaan dengan sistem degradasi dalam satu wadah pemusatan pelatihan cabang (puslatcab). Dalam setahun kami lakukan evaluasi terhadap kualitas atlet. Kalau atlet mengalami peningkatan, ya kami pertahankan. Tetapi kalau tidak ada kemajuan selama bergabung di pelatcab, ya kami ganti dengan atlet baru,” imbuhnya. 

Ia berharap, pembinaan taekwondo di Banten dimulai dari usia dini. “Sudah banyak bermunculan potensi-potensi atlet di kota/kabupaten. Tinggal pembinaannya yang harus diperhatikan lagi. Dan kami juga berharap, juara di kejurda ini mendapat prioritas untuk membela Banten di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015 di Jawa Barat nanti,” pungkas Sofian.

Sementara itu, Ketua Bapopsi Banten Djajuli Khasan menyatakan, hasil kejurda ini akan menjadi bahan persiapan pihaknya untuk menghadapi Popnas 2015 di Jawa Barat. “Itu lah gunanya kejurda, untuk database kami jelang popnas. Kami tidak bisa menjamin yang dapat medali emas di kejurda ini berangkat ke popnas. Jelang popnas nanti, kami akan kembali menggelar ajang serupa,” ucapnya.

Pada bagian lain, Kepala Dispora Banten Opar Sohari mengatakan, taekwondo sudah memiliki prestasi bagus di level nasional. Untuk itu ia optimistis di popnas mendatang taekwondo bisa meraih prestasi lebih baik lagi. “Saya sangat yakin di popnas nanti cabor taekwondo bisa menjadi andalan kontingen Banten dengan menyumbang banyak medali emas,” katanya. (RB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih Atas komentar yang anda berikan kepada kami.

Entri yang Diunggulkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته Kami sekeluarga Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ...

Postingan Populer